• Telp : 0857-1010-2211
  • Alamat : Graha Ciantra Indah Blok A9 – 01, Ciantra, Cikarang Sel, Kab.Bekasi

RA/TK AN-NISA

"Esensi dari ilmu adalah untuk mengetahui apa itu ibadah dan ketaatan." - Imam Ghazali

Selamat Datang di RA / TK Islam AN-NISA

Beralamat di Perumahan Graha Clantra Indah Blok A No.1 Ds. Ciantra Kec. Cikarang Selatan Kab. Bekasi

Profil RA/TK Islam AN-NISA

VISI Annisa Islamic School :

Luhur berbudi, unggul dalam prestasi,terwujudnya generasi Rabbani

yang mandiri dan memiliki IMTAQ dan IPTEK sesuai manhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah

MISI Annisa Islamic School :

A. Menyelengggarakan lembaga

     pendidikan Islam yang sesuai dengan

     pemahaman Ahlussunnah wal Jama’ah. 

B. Membekali peserta didik dengan ilmu

     pengetahuan dan teknologi serta

     keterampilan yang bermanfaat, 

C. Menciptakan lingkungan pendidikan

     Islami berdasarkan keshahihan ilmu dan

     keikhlasan amal. 

D. Meningkatkan profesionalitas pendidik

     dan tenaga kependidikan. 

E. Membina hubungan harmonis dengan

     stakeholder pendidik.

A. STUDI DASAR KEISLAMAN PENANAMAN DAN APLIKASI (PEMBIASAAN)

  • Dasar-dasar aqidah yang lurus dan benar
  • Dasar-dasar muamalah dan akhlaq yang mulia
  • Ibadah dengan benar
  • Hafalan do’a-do’a
  • Hafalan surat pendek

B. STUDI DASAR KE TK-AN SECARA UMUM DENGAN BEBERAPA BIDANG PENGEMBANGAN

  • Sosial emosional dan kemandirian
  • Studi bahasa : Indonesia, pengenalan bahasa Arab dan Inggris
  • Kognitif, sains dan matematika
  • Seni dan motorik (kasar dan halus)
  • Out bond dan out door studi
  • Menumbuhkan dasar-dasar kemahiran membaca, menulis dan berhitung

Metode Sentra Pembelajaran RA/TK Islam AN-NISA

1. Sentra Balok

Sentra balok memfasilitasi anak bermain tentang konsep bentuk, ukuran, keterkaitan bentuk, kerapihan, ketelitian, bahasa, dan kreativitas. Bermain balok selalu dikaitkan dengan main peran mikro, dan bangunan yang dibangun anak digunakan untuk bermain peran.

Alat dan bahan main Sentra Balok:
• balok-balok dengan berbagai bentuk dan ukuran
• balok asesoris untuk main peran
• lego berbagai bentuk
• kertas dan alat tulis

2. Sentra Main Peran Kecil (Mikro)

Main peran kecil mengembangkan kemampuan berpikir abstrak, kemampuan berbahasa, sosial-emosional, menyambungkan pengetahuan yang sudah dimiliki dengan pengetahuan baru dengan menggunakan alat main peran berukuran kecil.

Alat dan Bahan Sentra Main Peran Kecil (Mikro):
• berbagai miniatur mainan
• berbagai mainan alat rumah tangga
• berbagai mainan mini alat kedokteran
• berbagai mainan mini alat transportasi
• berbagai mainan mini alat tukang

3. Sentra Main Peran Besar (Makro)

Sentra main peran mengembangkan kemampuan mengenal lingkungan sosial, mengembangkan kemampuan bahasa, kematangan emosi dengan menggunakan alat main yang berukuran besar sesuai dengan ukuran sebenarnya.

Alat dan bahan Sentra Main Peran Besar (Makro):
• mainan untuk pasar-pasaran
• mainan untuk rumah-rumahan
• mainan untuk dokter-dokteran
• mainan untuk kegiatan pantai
• mainan untuk tukang-tukangan
• mainan untuk kegiatan nelayan
• mainan salon-salonan
• dll.

4. Sentra IMTAQ

Sentra Imtaq mengenalkan kehidupan beragama dengan keterampilan yang terkait dengan agama yang dianut anak. sentra Imtaq untuk satuan PAUD umum mengenalkan atribut berbagai agama, sikap menghormati agama.

5. Sentra Seni

Sentra seni dapat dibagi dalam seni musik, seni tari, seni kriya, atau seni pahat. Penentuan sentra seni yang dikembangkan tergantung pada kemampuan satuan PAUD. Disarankan minimal ada dua kegiatan yang dikembangkan di sentra seni yakni seni musik dan seni kriya. Sentra seni mengembangkan kemampuan motorik halus, keselarasan gerak, nada, aspek sosial-emosional dan lainnya.

6. Sentra Persiapan

Sentra persiapan lebih menekankan pengenalan keaksaraan awal pada anak. penggunaan buku, alat tulis dapat dilakukan di semua sentra, tetapi di sentra persiapan lebih diperkaya jenis kegiatan bermainnya. Pada kelompok anak paling besar yang segera masuk sekolah dasar, frekuensi main di sentra persiapan lebih banyak. Kegiatan persiapan dapat juga diperkuat dalam jurnal siang.

7. Sentra Bahan Alam

Sentra bahan alam kental dengan pengetahuan sains, matematika, dan seni. Sentra bahan alam diisi dengan berbagai bahan main yang berasal dari alam, seperti air, pasir, bebatuan, daun. Di sentra bahan alam anak memiliki kesempatan menggunakan bahan main dengan berbagai cara sesuai pikiran dan gagasan masing-masing dengan hasil yang berbeda. Gunakan bahan dan alat yang ada disekitar. Perhatikan keamanannya. Bahan dan alat yang digunakan harus bebas dari bahan beracun atau binatang kecil yang membahayakan.

8. Sentra Memasak

Sentra memasak kaya dengan pengalaman unik bagi anak mengenal berbagai bahan makanan dan proses sain yang menyenangkan. Di sentra memasak anak belajar konsep matematika, sains, alam, dan sosial sehingga menunjang perkembangan kognitif, sosial-emosional, bahasa, motorik, dan juga seni, serta nilai agama.

Model-model tersebut di atas merupakan hasil penelitian dan penerapan para pakar pendidikan anak usia dini yang berlangsung bertahun-tahun sebelum disosialisasikan lebih luas. Pengkajian oleh para ahli dilakukan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas model-model tersebut mampu membantu anak dalam belajar.

 

Setiap model model memiliki kekuatan dan keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, apa pun model yang digunakan, anak bisa bermain nyaman, aman, dan berkembang kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan perilaku baiknya.

Contact person kami siap menjawab pertanyann Anda